Yamaha Lexi Memberikan Pengalaman Berkendara Skutik yang Baru

0
297
Yamaha Lexi
Yamaha Lexi memberikan pengalaman yang berbeda dalam berkendara skutik

ceritapa.com, Perilisan Yamaha Lexi membuat persaingan skutik atau skuter matik di segmen 125 cc di Indonesia makin memanas. Meski kapasitas mesinnya dinilai cukup tanggung, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) bisa dibilang sukses menyajikan pengalaman baru dalam mengendarai skutik yang memiliki badan bongsor seperti NMAX.

Sebagai pendatang baru, Lexi-S memang lebih segar dari skuter-skuter 125 cc yang lainnya. Apalagi, dengan dibanderol seharga Rp 22,8 juta, Yamaha Lexi sudah memanjakan calon pemiliknya dengan ragam fitur modern yang cukup lengkap. Mulai dari speedometer digital, soket kelistirkan yang bisa digunakan untuk mengisi daya gawai, smart key, hingga kompertemen yang luang.

Dengan joknya yang memiliki tinggi 785 mm, Lexi cukup nyaman bagi pengendara yang memiliki tinggi badan sekitar 170-180 cm. Namun, bagi mereka yang memiliki tinggi di bawah itu, mungkin harus mengeluarkan usaha lebih dengan sedikit berjinjit.

Kesan paling signifikan ketika mulai memegang setang kemudinya. Perbedaan sensasi berkendara terasa saat memegang kemudi berposisi yang lebar dan lebih ke atas dibandingkan skutik 125cc konvensional.

Lalu, masalah posisi berkendara, dalam kondisi statis ergonominya sudah terasa. Hal ini meliputi tiga aspek, yaitu tangan, posisi duduk, hingga keleluasaan kaki yang ditopang oleh dek yang didesain memanjang. Sebelumnya, Yamaha mengklaim bahwa dek Lexi dapat mengangkut satu galon air.

Selanjutnya, kami mencoba untuk menjajal sensasi berkendara dan performa mesin 125 cc-nya yang telah dipersenjatai teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Saat menyalakan mesin, suaranya tidak kasar, hal ini disebabkan oelh Smart Motor Generator (SMG) yang berfungsi sebagai pengganti motor starter. Tenaga dari putaran bawah juga sangat terasa padat, sehingga dengan memutar pegangan gas sedikit, mesin terasa sangat responsif untuk dibawa berkeliling. Joknya yang lembut dan lebar membuat pengalaman mengendarai Yamaha Lexi benar-benar tak terasa seperti skutik bermesin 125 cc.

Bahkan, ketika menjajalnya di trek kosong, putaran mesinnya tak kalah padat dengan tarikan di awal. Akselerasinya juga memungkinkan Lexi ramah untuk diajak menyalip kendaraan lain, walaupun memiliki badan yang bongsor.

Didukung pelek 14 inci serta ban tubeless bertapak lebar, Lexi cukup asyik diajak untuk bermanuver. Namun, kita memang tak bisa menampik kenyataan, badannya yang besar membuatnya agak sulit dibawa menyalip dan menyelinap di antara kemacetan atau pun jalanan kecil.

Secara keseluruhan, Yamaha cukup sukses menghadirkan pengalaman baru dalam mengendarai skutik 125cc. Lexi juga cocok untuk digunakan sebagai teman sehari-hari atau saat berkendara jarak jauh.

Baca Juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here