Vaksin Corona akan Tersedia dengan Kisaran Harga Rp 200 Ribu

0
10
Vaksin Corona
Vaksin Corona akan Tersedia dengan Kisaran Harga Rp 200 Ribu

ceritapa.com, Vaksin Corona Sinovac untuk Covid-19 akan dijual dengan harga sekitar Rp 200 ribu. Menanggapi pemberitaan terkait kesepakatan Sinovac dan Brasil yang membanderol harga vaksin dengan Rp 29 ribu.  Namun hal itu dibantah oleh Sinovacmelalui surat resmi kepada Bio Farma. Hal itu disampaikan oleh Honesti Basyir selaku Direktur Utama Bio Farma.

“Kisaran harganya Rp200 ribu. Informasi harga vaksin covid-19 di Brasil telah kami klarifikasi ke pihak Sinovac. Mereka sudah mengirimkan surat elektronik resmi ke Bio Farma, yang memastikan bahwa informasi dalam pemberitaan tentang kontrak pembelian 46 juta dosis dengan nilai kontrak US$90 juta dengan pemerintah Brasil tidak tepat. Mengenai harga US$1,96 per dosis pun tidak tepat,” ujar Honesti.

Menurut Honesti biaya pengiriman tiap dosisnya saja sekitar US$2.  Sinovac juga menuturkan ada beberapa faktor penentu harga vaksin Covid-19. Salah satu faktornya adalah bergantung investasi pada studi klinis fase 3 terutama dalam uji efikasi dalam skala besar. Begitu pula di Indonesia, mengikuti prinsip yang sama, skema pemberian harga vaksin tidak dapat disamakan.

Saat ini Koronavirus telah menjadi pandemi di berbagai belahan dunia. Tiap negara berlomba-lomba menciptakan vaksin sebagai upaya membuat kekebalan tubuh untuk melawan virus Corona. Seluruh dunia berharap vaksin dapat menekan penyebaran Covid-19 bahkan menghentikan penyebaran virus ini.

Saat ini diketahui telah ada 9 jenis vaksin yang telah mencapai tahap uji klinik fase 3. Sehingga memungkinkan hadirnya vaksin dalam waktu dekat.

“Vaksin lain butuh waktu lama, tetapi untuk vaksin Covid-19 akan ada yang berhasil dalam hitungan bulan katakanlah minimal ada 9 vaksin yang uji klinis fase 3,” ujar Eks Direktur Penyakit Menular WHO South-East Asia Region Prof dr Tjandra Yoga Aditama.

Vaksin Corona diharapkan akan mengembalikan kondisi berbagai negara dalam segi ekonomi dan juga sosial. Saat ini langkah menekan penularan virus Covid-19 adalah pembatasan sosial pada setiap kegiatan di luar rumah, menerapkan protokol kesehatan dan menjaga imunitas tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here