Toyota Fortuner dan Sejarahnya Hanya Ditawarkan Mesin Bensin

0
41
Toyota Fortuner
Toyota Fortuner (istimewa)

Ceritapa.com – Kini Toyota Fortuner telah mengaspal di Indonesia lebih dari 10 tahun semenjak kemunculannya di tahun 2005 lalu.

Saat tersebut Fortuner masih impor dari Thailand dalam situasi CBU atau Completely Built Up dan ditawarkan dengan varian mesin bensin saja.

Mesin 2TR-FE itu menghasilkan tenaga 161 daya kuda, lumayan bertenaga untuk disuruh berlari.

Setahun setelahnya, Toyota Motor Manufacturing Indonesia atau TMMIN kesudahannya mulai merakit Toyota Fortuner di Karawang dan telah berisi 45 persen komponen lokal.

Meski mendapat respon positif, tidak sedikit yang mengeluhkan borosnya konsumsi bahan bakar Fortuner dengan mesin bensin.

Akhirnya pada tahun 2007 Toyota Fortuner Diesel dengan mesin 2KD-FTV diperkenalkan meski tadinya hanya ditawarkan dalam satu varian, 2.5 G M/T Diesel.

Di bulan September 2008, Fortuner pun merasakan facelift minor yang berfokus pada tampilan mobil.

Dan ditahun 2009 varian diesel kesudahannya ditawarkan dengan transmisi otomatis atau AT.

Pada tahun 2011 Fortuner juga kembali merasakan facelift, lagi-lagi melulu berfokus pada tampilan khususnya pada unsur lampu dan grill.

Setahun berselang perusahaan mobil asal Jepang ini mengerjakan pembenahan pada varian diesel dengan mengenalkan mesin baru yang mempunyai teknologi Variabel Nozzle Turbo atau VNT.

Penambahan tersebut dapat melonjakkan tenaga Fortuner diesel sampai 22 daya kuda menjadi 144 daya kuda.

Di rentang masa ini Fortuner menjangkau angka penjualan unit tertinggi sejak diperkenalkan, yaitu menjangkau 20.498 unit.

Kemudian di tahun 2013 Toyota Fortuner TRD (Toyota Racing Development) Sportivo juga diperkenalkan untuk menjaring konsumen yang menyenangi gaya lebih sporti.

Hingga di tahun 2016 kesudahannya Fortuner teranyar dengan facelift total pun dikenalkan dan beredar hingga saat ini.

Mengusung ‘Keen Look’ yang sudah lebih dulu diaplikasikan pada Toyota Altis dan Toyota Camry, Fortuner juga tampil makin stylish.

Varian diesel juga dibekali dengan dapur balap baru, mesin 2GD-FTV yang lebih bertenaga.

Tampilan interior juga berubah total menjadi lebih canggih dan anggun dengan ekstra fitur kepraktisan laksana Power Back Door.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here