Tipe Mobil Esemka yang Didaftarkan Kemenhub Untuk Uji Tipe

0
203
Mobil Esemka
Uji Tipe Mobil Esemka

ceritaapa.com, Ada delapan tipe Mobil esemka yang telah didaftarkan Kemenhub (Kementrian Perhubungan) untuk proses uji tipe. Bedasarkan informasi yang beredar kedelapan tipe Mobil esemka menggunakan transmisi manual. Terdiri dari lima model bernama Bima, Niaga, Digdaya Borneo serta Garuda 1.

Tiga model yang bernama Bima, Digdaya, dan Borneo merupakan nama lama yang sudah pernah muncul. Saat itu Esemka masih rakitan tangan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dipegang oleh PT Solo Manufaktur Kreasi, sementara Niaga dan Garuda 1 rasanya belum familiar bagi publik.

Sigit Irfansyah, selaku Direktur Sarana Perhubungan Darat Kemenhub memberikan penjelasan. Bahwa, Bima, Digdaya, Borneo dan Niaga adalah model bermesin bensin. Sementara itu, Garuda 1 menggunakan mesin diesel.

Bima mempunyai model pikap. Bedasarkan catatan Kemenhub, Bima mempunyai empat tipe dengan tiga pilihan mesin. Artinya Bima dapat menjangkau pasar secara lebih luas. Menilai dari banyaknya pilihan, sangat memungkinkan esemka akan menjadikan model ini tulang punggung.

Bima di pasaran akan bersaing dengan pikap Suzuki Carry, Daihatsu Gran Max, Daihatsu Hi-Max, sertaTata Ace. Diketahui, sebelumnya Digdaya mempunyai minimal tiga pilihan mesin, yaitu 2.000cc, 2.200cc serta diesel 2.500cc. Akan tetapi, bedasarkan caatatan uji tipe, yang akan diproduski hanyalah mesin 2.000cc.

Pada pasaran Indonesia mesin 2.000cc tidak memiliki pikap kabin saat ini, Digdaya kemungkinan akan bermain sendiri. Dengan pesaing sejenisnya yang juga miliki kapasitas mesin di atas2.000cc seperti Mitsubishi Triton, Toyota Hilux serta Nissan Navara.

Kemudian ada Borneo yang merupakan minibus yang mampu mengangkut 15 penumpang. Borneo memiliki jenis mesin 2.700cc yang terbesar dibandingkan dengan semua model uji tipe Mobil esemka.

Hanya ada sedikit informasi mengenai Niaga yang diketahui. Namun, dapat dipastikan bahwa model ini adalah mobil penumpang dengan mesin 1.000cc. Bukan tidak mungkin untuk Niaga akan bersaing dengan model-model mobil kota dengan kapasitas mesin yang sama. Sebut saja Renault Kwid, maupun produk LCGC seperti Toyota Agya, Daihatsu Alya serta Honda Brio.

Terakhir, ada Garuda 1 yang memiliki, SUV bermesin diesel 2.000cc yang mampu bersaing dengan Chevrolet Captiva.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here