Spesifikasi Suzuki Swift, City Car nan Sporty

0
38
Spesifikasi Suzuki Swift
Kekurangan dan kelebihan Suzuki Swift

Ceritapa.com, Jika kamu sedang mencari mobil yang pas untuk jalanan perkotaan, jawaban yang paling pas adalah Suzuki Swift. Mobil yang mengadopsi tampilan mini cooper Jepang ini sangat cocok bagi kalangan muda.

Swift termasuk mobil hatchback yang diproduksi oleh perusahaan otomotif Suzuki. Awalnya mobil ini dirilis pertama kali pada Paris Auto Salon 2004. Mobil ini punya empat varian mesin yang semuanya menggunakan bensin.

Awal kehadirannya di Indonesia tahun 2005, Swift diimpor utuh dari Jepang untuk menggantikan Ignis. Namun di tahun 2006 mobil ini mulai dirakit di daerah Bekasi, Jawa Barat. Sekarang jenis mobil ini sudah masuk ke generasi ketiga yang diluncurkan November 2012 lalu.

Spesifikasi lengkap Mobil Suzuki Swift

Mobil ini punya tampilan yang khas ditambah aksesoris di body mobil sehingga tampilannya lebih sporty. Tidak hanya dari segi tampilan yang menarik, tetapi juga dari segi mesinnya yang bertenaga.

Eksterior Swift

Konsep yang diusung oleh tampilan luar mobil ini adalah bergaya City Car dengan desain body sport dan gagah. Pada bagian Head Lamp-nya, mobil ini dilengkapi dengan teknologi HID Projector yang membuat pencahayaan mobil ini sangat baik untuk menerangi jalan yang gelap.

Bagian depannya sendiri, body kit Suzuki ini dilengkapi dengan dua buah Foglamp yang berfungsi menerangi saat terjadi kabut. Sehingga membuat kamu tetap bisa melihat dengan jelas. Di bagian sampingnya sudah dilengkapi dengan spion berteknologi New Retractable Outer Mirror dan lampu LED. Tampilan belakangnya sangat sporty dan juga dibekali dengan spoiler yang dilengkapi dengan LED berwarna merah sehingga aura sportynya lebih terasa.

Interior

Suzuki Swift
Spesifikasi Suzuki Swift

Untuk tampilan bagian dalamnya, Mobil Swift dari Suzuki ini punya kabin yang luas ditambah tampilan interior dengan desain mewah dan nyaman. Di bagian stirnya dilengkapi dengan kulit lembut yang akan memberikan kenyamanan jika dipegang dalam waktu yang lama.

Di bagian dashboard, Suzuki tipe ini sudah dilengkapi dengan panel instrument yang lengkap seperti Multi Information Display dengan desain sporty dan Hig Grade Meter Cluster. Swift juga dilengkapi dengan MID Digital Display sehingga memiliki fitur jam indikator, konsumsi bahan bakar, jarak tempuh, hingga suhu di luar kabin. Interior Swift ini sudah lengkapi panel operasional AC dengan panel Advance Audio Equipment yang dipasangkan di dashboard.

Bahan material di bagian kursi mobil ini bagus dengan desain menarik dan lengkap dengan Seat Height Adjuster yang membuat orang di dalamnya nyaman. Kursi di bagian depan dan belakang dilengkapi dengan seatbelt. Di bagian bagasi juga cukup luas, namun jika kamu membawa banyak barang, bagian kursi penumpang bisa dilipat agar ruang penyimpanannya semakin lebih luas.

Mesin Swift

Swift punya dua tipe, yaitu tipe GS dan GX serta tipe sport. Mesin yang diusung oleh kedua tipe tersebut juga berbeda. Tipe GS dan GX ini didukung oleh mesin K14B DOHC WT dengan kapasitas mesin 1.372 cc, 16 katup dengan 4 silinder segaris. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal 95 PS yang setara dengan putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi maksimal 130 Nm.

Sedangkan mesin Swift tipe sport menggunakan mesin M16A dengan kapasitas 1.586 cc dengan tipe 16 katup dan 4 silinder segaris yang sama dengan tipe satunya. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal 160 PS setara dengan 4.400 rpm dengan torsi maksimal 160 Nm. Kedua tipe Swift ini dilengkapi dengan teknologi multipoint injection yang menghasilkan tenaga maksimal dan irit bahan bakar.

Suspensi

Swift ini sudah menggunakan suspensi McPherson Strut & Coil Spring di bagian depan. Sedangkan di bagian belakang menggunakan Torsion Beam & Coil Spring. Suspensi ini dilengkapi dengan rem cakram di kedua sisinya, sehingga menghasilkan pengeraman mendadak secara maksimal. Swift juga dilengkapi oleh fitur EPS (Electic Power Steering) dengan fungsi memudahkan kamu mengendalikan pengemudi secara penuh serta lebih ringan.

Keamanan dan Keselamatan

Suzuki Swift dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lengkap, di antaranya Dual SRS Airbags untuk tipe GX, Side Impact Beam, Seatvelt dan teknologi ELR. Selain itu, pengereman berteknologi ABS dan EBD pada tipe GX dan Sport. Mobil jenis ini juga dilengkapi teknologi TECT yang berfungsi menyerap getaran sehingga aman saat jadi benturan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here