Cari Low MPV Keren? Berikut Spesifikasi Suzuki Ertiga Sport 2019,

0
43
Tampilan luar Suzuki Ertiga Sport 2019
Tampilan luar dan dalam Suzuki Ertiga Sport 2019

ceritapa.com, Pada 22 Maret 2019 lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan varian baru Suzuki Ertiga Sport 2019. Mobil ini memiliki kapasitas tujuh penumpang dan akan jadi varian mobil keluarga yang sporty.

Saat peluncuran tersebut, rupanya Indonesia menjadi negara pertama yang mengeluarkan mobil ini. Kemudian diikuti negara-negara lain seperti India, yang menjadi negara pertama lahirnya Suzuki. Sesuai dengan namanya, varian ini akan lebih sporty dibanding dnegan yang sebelumnya.

Kehadiran Ertiga Sporty ini menambah persaingan pada kompetisi Low MPV. Para agen mobil juga berlomba mengeluarkan facelift atau minor change untuk produknya, seperti Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, Honda Mobilio, hingga Nissan Livina dengan basis sama seperti Mitsubishi Xpander.

Bagian Eksterior Depan hingga Belakang

Suzuki Ertiga Sport 2019
Tampilan eksterior Suzuki Ertiga Sport 2019

Perubahan paling banyak yang terlihat adalah eksterior dan interior. Tampilan depan Ertiga Sport 2019 ini menyematkan front upper & Lower Grille dengan aksen krom, sehingga tampilannya mewah. Tampilan semakin eksklusif dengan motif desain berbeda dari varian GX berwarna hitam.

Di bagian bumper sendiri, ada day-time running light (DRL) LED baru yang motifnya seperti bumerang kiri dan kanan. Aura sporty semakin kuat dengan tampilan front under spoiler baru yang berwarna silver pada bagian tengah dan di kiri kanannya.

Ubahan yang mencolok di sisi samping adalah adanya motif pelek yang berbeda dari varian sebelumnya. Selain itu, motif two tone dan aksen krom yang lebih mendominasi.

Perubahan lainnya adalah side under spoiler yang satu paket body kit khusus. Dan ada emblem Suzuki Sport untuk varian tertinggi dari Suzuki di bagian belakang.

Lanjut bagian belakang, tak ada bedanya varian sporty dengan GX dilihat dari belakang. Namun, bila lebih detail, ada aksesori baru yanng membuatnya semakin sporty. Seperti adanya rear upper spoiler baru dengan desain yang terlihat seperti burung yang mengepakkan sayap.

Interior Dashboard, Jok, Fitur Berkendara hingga Kenyamanan

Saat memasuki kabin, pihak Suzuki mencoba memperkuat tampilan sporty dengan warna hitam yang mendominasi dari dashboard hingga setir. Selain warna, tidak ada yang berbeda dengan varian GX secara keseluruhan.

Bagian dashboard juga dibuat dengan motif kayu gelap seperti menyambung ke door trim sehingga terlihat mewah. Sesuatu yang sudah jarang hadir untuk mobil low MPV saat ini.

Spesifikasi Suzuki Ertiga Sport 2019
Spesifikasi interior Suzuki Ertiga Sport 2019

Pada bagian kabin, Suzuki Ertiga Sport 2019 dapat menampung 7 penumpang. Bagian ruang kaki terasa lega di semua baris jok. Penumpang juga akan merasa nyaman karena busa kursi cukup tebal. Hanya saja, bahan fabric yang digunakan mudah sekali terkena noda yang sulit dihilangkan bekasnya.

Pada Ertiga Sport ini, fitur Electronic Stability Program (ESP) kembali digunakan setelah hilang pada varian GX dan GL. Fitur ini ternyata cukup banyak dinikmati konsumen karena membuat mobil lebih stabil pada kecepatan tinggi. Fitur Assist Grip Foldable terus dipertahankan pada baris pertama dan kedua kursi penumpang. Sedangkan baris ketiga sudah menggunakan fixed assist grip untuk memberikan kenyamanan pada penumpang ketika mobil melewati jalanan rusak.

Kemudian, ada juga fitur Anti-lock braking system (ABS), Electronic brake force distribution (EBD), dan kontrol traksi, yang meningkatkan kenyamanan ketika berkendara meskipun dalam kecepatan tinggi. Benturan juga dapat diminimalisir dengan adanya rangka body heartect.

Semakin lengkap dengan hadirnya head unit layar sentuh 6,8 inci yang dapat terhubung dengan smartphone. Menu yang dihadirkan pada layar sentuh juga standar seperti radio, pemutar musik digital, dan sebagainya.

Mesin Teknologi DOHC VVT

Mesin yang digunakan Ertiga Sport 2019 masih sama dengan varian sebelumnya. Berkode K15B dengan teknologi DOHC VVT dengan kapasitas 1.462 cc, tenaga yang dihasilkan mencapai 104,7 Ps di 6.000 rpm. Torsinya sendiri mencapai 138 Nm pada 4.400 rpm. Untuk Ertiga Sport 2019 ini ada dua transmisi pilihan, yaitu manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Untuk harga Ertiga Sport 2019 sendiri dibanderol mulai dari Rp 241.000.000 hingga Rp 251.500.000. Tertarik memilikinya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here