Solusi Alternatif Cara Membuat Cas Aki Tanpa Trafo

0
1769
Solusi Alternatif Cara Membuat Cas Aki Tanpa Trafo

Ceritaapa.com, Mungkin anda sering bertanya- tanya seperti apa setruman atau cas aki yang bagus itu. Apakah harus memiliki design yang rumit dengan logik yang serba otomatis? Atau cas aki yang ada digitalnya? atau mungkin yang mempunyai riley untuk proteksi? Apakah perlu untuk dibuat voltase 15 volt, 18 volt dan seterusnya supaya dropnya kecil? Lantas apakah ada cara membuat cas aki tanpa trafo? Temukan semua jawabannya di sini.

Berdasarkan pengalaman dari para penjual cas aki, sebenarnya seorang pembeli itu tidak menginginkan cas aki yang serba bisa. Yang mereka inginkan adalah sebuah hal yang sangat sederhana. Cas aki yang dicari itu yang bisa dipakai, awet, cepat penuh dan juga tak merusak akinya. Itulah hal yang penting dan merupakan jawaban yang paling masuk akal.

Solusi Alternatif Cara Membuat Cas Aki Tanpa Trafo

Adakah Cara Membuat Cas Aki Tanpa Trafo

Kalau memang anda ingin mengetahui bagaimana cara membuat cas aki tanpa trafo, maka anda dapat menggantikannya dengan dengan resistor. Sehingga rangkaian sangat sederhana. Hanya terdiri dari dioda jembatan dan resistor.

Tegangan 220 volt AC, misalnya fasanya, masuk ke resistor yang dipasang secara seri, masuk ke dioda jembatan dan dari dioda jembatan kembali ke nolnya 220 volt AC. Plus dan Minusnya dioda jembatan, masuk ke Accu.

Nah tinggal anda tentukan berapa nili resistornya, kalau misalnya charger itu arusnya 5 amper, tegangan aki sekitar 12 ~ 15 volt.
Gunakan hukum Ohm untuk menghitungnya.
Tegangan yang harus dibuang di resistor adalah 220 volt – 12 volt = 208 volt.
Arus yang diinginkan 5 amper.
Berarti daya yang harus anda buang percuma, di resistor 5 Amp x 208 volt = 1040 WATT

Di mana anda mencari resistor yang 1000 an Watt ?
Apakah anda mau hanya mengisi accu dengan arus 5 Amper tegangan 12 volt, yang berarti dayanya hanya 60 Watt, harus menggunakan daya 1000 Watt lebih ?

Nah itulah yang bisa anda coba, kalau anda tetap ingin membuat charger dan tidak ingin menggunakan trafo.

Trafo justru satu-satunya komponen yang saat ini mempunyai fungsi bisa menurunkan menaikkan tegangan AC dengan efisien dan yang belakangan digunakan trafo feritte yang jauh lebih efisien, dengan cara tegangan AC 220 volt di buat menjadi DC 310 volt, kemudian tegangan tersebut di on off kan melalui trafo feritte dengan frekwensi tinggi 40KHz an, baru sekundernya di searahkan dan difilter menjadi tegangan DC.

Pesan Khusus Trafo Charger Aki

Sekarang ada charger Accu yang dapat mengisi daya dengan cepat. Charger accu super cepat, 10 menit ready. Bisa diatur amperenya dari 5a-100a. Auto off jika accu penuh. Charger inverter, charger 12v utk merawat accu agar awet

Cas aki ini akan sangat bermanfaat bagi Anda. Mau dipakai sendiri untuk mengisi daya accu mobil Anda atau mau buat usaha jasa strum accu juga bisa.

Bagi Anda punya usaha bengkel kendaraan atau bagi Anda yang memiliki showroom mobil atau buka jasa strum accu, nampaknya alat ini sangat cocok dipakai untuk operasional usaha Anda. Atau sekedar ingin merawat accu di rumah agar tidak cepat rusak (accu harus sering dicharge agar bisa awet).

Charger accu ini dapat mengisi daya antara 5 ampere sampai dengan 100 ampere. Mempunyai fungsi auto off jika accu penuh.

Charger accu ini dapat mengisi aki lebih cepat jika Anda terburu-buru, tetapi alat ini juga bisa mengisi secara perlahan-lahan karena amperenya bisa diatur dari 5a-100a. Alat ini dilengkapi dengan sensor-sensor elektronik yang sangat peka, sehingga menjadikan alat ini dapat bekerja secara full otomatis. Produk ini juga merupakan produk yang sangat innovatif karena semua bagiannya menggunakan rangkaian elektronik dan tidak menggunakan travo seperti charger accu pada umumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here