RX-King Jadi Incaran, Motor Jadul yang Kini Harganya Ratusan Juta

0
82
Yamaha RX-king
Yamaha RX-King Jadi Incaran, Motor Jadul yang Kini Harganya Ratusan Juta

ceritapa.com, Yamaha RX-King memang sepertinya pantas menjadi salah satu motor keluaran Yamaha yang menyandang slogan raja alias King. Bayangkan saja, diawali menjadi motor 2 tak terbaik di masanya. Namun motor bersuara menggelegar ini juga pernah dicap sebagai motor jambret. Kini motor ini pun kian diburu, bahkan banyak penggila otomotif rela mengeluarkan uang hingga ratusan juta rupiah demi mendapatkannya.

Berikut 5 fakta menarik tentang Yamaha RX-King, yang kini memiliki banderol hingga ratusan juta.

1. Berhenti produksi sejak 2007

Tercatat Yamaha RX-King pertama kali diproduksi pada tahun 1983 dan menghentikan produksi pada 2007. Namun pada 23 Maret 2009, PT Yamaha Indonesia Motor manufacturing (YIMM) mengumumkan akan kembali memperkenakan RX King limited edition di akhir tahun tersebut. Edisi RX King terakhir ini menandai hampir 30 tahun kiprah Yamaha RX King di Indonesia.

Pada saat itu pernyataan ini langsung disampaikan Wakil Presiden PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (yang kini menjadi YIMM, Dyonisius Beti di sela-sela penandatanganan deklarasi Safety Riding bersama Slank di pabrik Yamaha di kawasan Pulogadung, Senin (23/3/2009).

“Produksinya dihentikan akhir tahun ini, jadi RX King ini versi terakhir,” ujarnya.

2. Sudah Tembus 1 juta unit pada 2009

Fakta lainnya yang dimiliki motor raja ini adalah perjalanan panjang yang memiliki catatan manis. Karena tepat pada 2009 lalu, tercatatat Yamaha RX-King telah tembus penjualan hingga 1 juta unit. Ucapan terima kasih disampaikan para karyawan Yamaha waktu itu kepada Yamaha RX-King. “Terima kasih RX-King, Sang Legenda Yamaha ‘Raja Jalanan’ 1980-2009,” tulis spanduk waktu itu.

3. Dijuluki Motor Jambret

Saking ngebutnya, motor batangan yakni Yamaha Motor RX-King kerap dijuluki sebagai motor jambret. Salah satu pecinta RX-King Arif yang rela membeli RX-King hingga ratusan juta rupiah. Dia harap, citra RX-King yang dulunya dikenal sebagai motor jambret kini luntur.

“Saya harus menghilangkan image RX-King yang arogan, yang di jalan suka blayer-blayer (menggeber motor), yang (dianggap) motor jambret, apa segala macem. RX-King punya kelas sendiri. Ini ada sultan yang punya kelas sendiri. Ini kabar baik. Ini citra RX-King harus naik. Kalau ada yang arogan, suka blayer-blayer itu oknum lah,” kata Arif.

4. Dibanderol Ratusan Juta Rupiah

Yamaha RX-King saat ini memang sudah disetop produksinya. Namun, motor dua tak legendaris dari Yamaha itu tak kehilangan pencintanya. Malah, penghobinya rela merogoh kocek hingga ratusan juta rupiah demi satu unit RX-King. Yang terbaru, Ahmad Arif atau yang dikenal dengan nama Arif King Priok mengunggah sebuah RX-King Special Edition (SE) tahun 2003 yang laku Rp 150 juta. Padahal, harga aslinya saja tak sampai segitu.

Menurut Arif, RX-King SE 2003 itu dalam keadaan new old stock atau biasa disingkat NOS. NOS di sini maksudnya adalah motor tersebut dalam kondisi baru sejak pertama kali diproduksi tahun 2003. Motor belum dipakai sama sekali dan komponennya juga masih original.

5. Kelebihan dan Kelemahan

Kelebihan yang dimiliki Yamaha RX King adalah mengusung sebuah mesin bertipe 2 langkah yang menggunakan volume silinder 132cc. Dilengkapi sistem pendingin air cooled dengan perbandingan kompresi 6,9:1 disertai karburator VM 26 x 1 MIKUNI. Dengan mesin tersebut motor akan bisa berlari dengan kencang di jalan raya.

Sedangkan kelemahannya Yamaha RX-King terletak pada masalah konsumsi bahan bakar yang sangat boros. ini disebabkan karena kendaraan menggunakan tipe mesin 2 tak dan menang motor ini dirancang untuk menghasilkan kecepatan tinggi. Ketika dibawa saat perjalanan jauh, tangan mudah pegal karena motor ini termasuk motor sport yang memiliki tuas kopling. Motor ini juga harus memerlukan perawatan lebih ekstra karena tergolong sebagai motor tua jadi mesin harus lebih diperhatikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here