Rekomendasi Mobil Listrik di Indonesia yang Bisa Jadi Pilihanmu

0
21
Mobil Listrik
Rekomendasi Mobil Listrik di Indonesia yang Bisa Jadi Pilihanmu

ceritapa.com, Indonesia merupakan salah satu negara yang mendukung perkembangan mobil listrik. Pemerintah juga menargetkan pada tahun 2025, 20 persen kendaraan yang diproduksi di Indonesia merupakan mobil Low Carbon Emission Vechile (LCEV). Hal itu merujuk pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 terkait mobil listrik yang diteken oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam Perpres tersebut, pemerintah menargetkan pengembangan mobil listrik mencapai 2.200 unit, hybrid 711.000 unit, dan 2,1 juta unit sepeda motor listrik pada 2025.

Berikut ini beberapa model mobil listrik yang pernah dipamerkan di Indonesia

1. DFSK Glory E3

Mobil Listrik
Mobil Listrik DFSK Glory E3

PT Sokonindo Automobile (DFSK Motors) memperkenalkan mobil listrik yang diklaim sangat hemat yaitu Glory E3. Deputy Product Division Head PT Sokonindo Automobile, Ricky Humisar Siahaan, menjelaskan mobil tersebut memiliki kapasitas baterai sebesar 52,56 kWh hingga mampu menempuh jarak hingga 405 km.

Pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Ricky menyampaikan bahwa Jarak dari Jakarta ke Semarang itu sekitar 400 km. Artinya, dengan baterai yang terisi penuh, Glory E3 mampu mencapai Semarang. Tentunya, dengan kecepatan yang konstan. Ia juga menambahkan, biaya yang dibutuhkan sangat lebih efisien dibandingkan harga bahan bakar.

) 2019, Ricky menyampaikan bahwa Jarak dari Jakarta ke Semarang itu sekitar 400 km. Artinya, dengan baterai yang terisi penuh, Glory E3 mampu mencapai Semarang. Tentunya, dengan kecepatan yang konstan. Ia juga menambahkan, biaya yang dibutuhkan sangat lebih efisien dibandingkan harga bahan bakar.

Jika membeli token atau listrik prabayar PLN, Rp 100.000 akan mendapat sekitar 66 kWh. Berarti dengan biaya segitu cukup untuk mengisi penuh baterai dari Glory E3. Bahkan, masih ada sisa untuk keperluan listrik rumah lainnya.

2. Nissan Leaf

mobil listrik
Mobil Listrik Nissan Leaf

Nissan memiliki komitmen untuk menghadirkan kendaraan dengan teknologi ramah lingkungan di Indonesia. Mobil pabrikan asal Jepang ini bahkan tak menutup kemungkinan untuk menghadirkan mobil elektrifikasi dengan harga bersahabat. Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, Isao Sekiguchi, memastikan akan meluncurkan dua model kendaraan elektrifikasi pada 2020.

“Jadi Nissan sudah bertransformasi ke teknologi mobil listrik, salah satu produk kami yang benar-benar full elektrik seperti Nissan Leaf,” ujarnya di sela-sela acara Nissan di Balikpapan, Kamis (5/12/2019). “Dan tentu kami sedang merencanakan produk lain ke Indonesia, tapi kami juga kenalkan teknologi lewat E-Power, yang merupakan bentuk baru dari EV,” kata Sekiguchi.

3. Tesla Model 3

Mobil Listrik
Mobil Listrik Tesla Model 3

Perusahaan mobil asal Amerika Serikat juga tak ingin ketinggalan memasarkan produknya di Indonesia. Beberapa model yang dipasarkan di Indonesia salah satunya Tesla Model 3. Mobil ini merupkan mobil listrik termurah yang dimiliki Tesla. Model 3 hadir dalam tiga varian, yaitu Standard Range Plus, Long Range, dan Performance. Masing-masing tersedia dalam lima pilihan warna, yakni Pearl White Multi Coat, Solid Black, Midnight Silver Metallic, Deep Blue Metallic, & Red Multi Coat.

Rudy Salim selaku Presiden Direktur Prestige Motorcars mengatakan bahwa sebagai importir umum akan selalu menjaga komitmen untuk memberikan pengalaman dan layanan terbaik kepada penggemar mobil listrik, mobil masa kini Indonesia. Soal harga Rudy mengatakan tergantung konsumen ingin dibuatkan spesifikasinya seperti apa, karena mobil ini sama seperti Ferrari atau Lamborghini yang bisa dibeli sesuai keinginan pembeli.

“Sangat bervariatif, yang jelas harganya di atas Rp 1 miliar dan Model 3 ini merupakan mobil listrik termurah Tesla. Kami juga memberikan layanan 2 tahun garansi, jaminan suku cadang, service, dan jaminan baterai selama 8 tahun untuk setiap pembelian unit Tesla guna menjamin rasa aman kepada konsumen,” jelas Rudy.

4. BMW i3S

Mobil Listrik
Mobil Listrik BMW i3s

Produsen otomotif asal Jerman BMW juga tidak mau kalah, BMW sudah mulai memperkenalkan mobil listriknya. Prototipe mobil listrik BMW ini juga dihadirkan pada ajang GIIAS pada 18-28 Juli 2019 di ICE, BSD, Tangerang. Berbeda dengan 2017 yang memperlihatkan model 13 ReX, BMW menawarkan i3s untuk pasar Indonesia.

BMW i3s hadir dengan ukuran dimensi panjang 4.006 mm, tinggi 1.570 mm dan lebar 2.039 mm. Mobil ini sudah menggunakan rangka karbon fiber. Mobil listrik ini menggunakan desain yang dinamis dengan bagian bemper depan menampilkan surround berwarna hitam. Gril khas BMW membuat mobil listrik ini tampil lebih besar dan menonjol. BMW i3s menggunakan suspensi sport sebagai standar yang bisa diturunkan 10 mm untuk jarak terendah.

Sebagai perkenalan di GIIAS 2019, i3s dibanderol Rp 1,299 miliar off the road Jakarta. Produk ini dilengkapi dengan BMW Service Inclusive yang meliputi gratis pemeliharaan rutin 5 tahun atau 60.000 kilometer dan garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh. Itulah beberapa mobil listrik yang akan hadir di pasar otomotif Indonesia. Jika kalian berminat untuk menjadikan kendaraan listrik sebagai fasilitas sehari-hari, kalian bisa memilih salah satu diantaranya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here