Penjualan Retail Mobil Esemka akan Tersedia di 3 Kota Indonesia

0
11
Mobil Esemka
Penjualan Retail Mobil Esemka akan Tersedia di 3 Kota Indonesia

ceritapa.com, Produsen Otomotif Indonesia yaitu Solo Manufaktur Kreasi (SMK/Esemka) melayani penjualan retail mobil Esemka Bima di tiga kota Indonesia, yakni Lampung, Boyolali, dan Jakarta. Selama ini SMK hanya melayani pembelian fleet atau pembelian borongan oleh perusahaan untuk daerah tertentu saja. Sebelumnya produk Esemka ini sudah dipesan oleh dua institusi negara, yakni Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan TNI Angkatan Udara (AU). Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan juga menjadi salah satu konsumen mobil tersebut.

Humas Esemka Sabar Budhi mengatakan penjualan retail Esemka Bima sudah dilakukan sejak lama saat peresmian pabrik di Boyolali, Jawa Tengah. Peresmian itu juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo pada  tahun 2019. Esemka memperluas jangkauan daerah guna mendongkrak penjualan produk. Namun untuk sementara waktu hanya tersedia di tiga kota di Indonesia.  Hal tersebut juga menjawab kabar di media sosial mengenai penjualan mobil Esemka akan dimulai 9 November di dealer di Banyuwangi.

“Lampung iya, Banyuwangi tidak ada dealer (belum ada penjualan),” kata Sabar melalui pesan singkat, Rabu (11/11/20).

Sabar juga menjelaskan bahwa untuk sementara waktu pesanan dari wilayah Lampung diakomodir dealer Jakarta. Sedangkan perwakilan di Lampung melalui PT Unisat Outo Indonesia (UOI) baru akan mendirikan dealer di wilayah itu. Selain PT UOI, SMK juga menggandeng PT ACE sebagai agen penjualan dan dealer mobil Esemka.

Tak hanya deler, Sabar juga menuturkan bahwa pihaknya akan menyediakan fasilitas perbaikan. Untuk di wilayah Jakarta, fasilitas perbaikan dan servis berkala mobil Esemka menggandeng bengkel umum di bilangan Jakarta Selatan. “Jadi ada kerja sama dengan bengkel umum,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sabar tidak dapat menyebutkan total penjualan mobil Esemka yang dilakukan sejak produk Bima mengaspal di Tanah Air. Menurut Sabar semua data mengenai penjualan dipegang oleh perusahaan rekanan yang memegang kendali dealer, yakni PT UOI dan PT ACE. “Soal yang booking dan penjualan di marketing PT tersebut. PT SMK adalah prinsipal produsennya,” tutur Sabar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here