Tertarik Memiliki Motor Retro Honda Genio? Simak Spesifikasinya

0
61
Spesifikasi Honda Genio
Spesifikasi motor Honda Genio

Ceritapa.com, Motor Honda Genio merupakan wujud nyata dari motor dengan konsep G yang sempat diperkenalkan di ajang Indonesia Motor Show 2018 lalu. Nama ini diklaim memiliki arti genius atau genuine.

Motor ini memang sengaja dirancang untuk anak muda dengan karakteristik yang smart dan autentik. Itulah diberi nama Genio. Motor Honda yang satu ini memang menarik untuk dimiliki karena tampilannya yang juga terlihat keren.

Ada dua varian berbeda dari motor ini, yaitu CBS dan CBS-ISS dengan tersedia 11 varian warna yang sesuai dengan selera anak muda.

Mesin motor matic ini menggunakan mesin 1100cc, belum 1500cc seperti yang sempat digadang-gadang sebelumnya. Ini membuatnya tak jauh beda dari Honda Beat maupun Honda Scoopy untuk segi mesinnya.

Motor ini ternyata punya harga yang lebih terjangkau dibanding Scoopy, sehingga menjadi alternatif jika ingin membeli motor matic dengan jenis yang sama.

Selain itu, tentu saja motor ini memiliki kelebihan lain dibanding motor honda sebelumnya.

Spesifikasi Honda Genio

Desain Motor Honda Genio

Adanya motor Honda ini menambah produk Honda untuk kelas motor matic dengan gaya retro. Untuk melawan skuter matic retro milik pesaingnya, Yamaha, Honda menambahkan fitur keren dengan lampu depan LED pada Genio.

Lampu depan ini terpisah dari lampu sein sehingga menghasilkan desain yang lebih staylish dan fashionable. Bentuk body motor ini juga ideal sehingga nyaman dikendarai. Ditambah pijakan kaki yang luas. Bagai Genio cukup lega dengan kapasitas 14 liter dengan port charger untuk mengisi daya gadget pengendara.

Lekukan body samping Genio hampir mirip dengan Scoopy, hanya saja terlihat lebih pipih dan sudutnya yang tajam sehingga terlihat lebih modern. Ada juga panel meter full digital yang menampilkan kecepatan, trip meter, dan sisa bahan bakar. Motor ini juga tersedia ECO Indikator.

Dimensi Body

Body Honda Genio
Desain Body Honda Genio

Motor ini mengusung frame baru yang disebut eSAF (enhanced smart architecture frames) yang membuat bobot motor Genio lebih ringan, sekitar 89 kg untuk tipe CBS dan 90 kg untuk tipe CBS-ISS. Dibandingkan dengan Honda Scoopy berbobot 99 kg, tentu Genio jauh lebih ringan.

Kerennya, motor ini cocok untuk dikendarai oleh pria maupun wanita. Ukuran panjangnya 1.869 mm, lebar 692 mm, dan tinggi 1.061 mm.

Performa Mesin

Tangki yang dimiliki Genio ini memang standar, namun sudah lebih dari cukup untuk menyuplai kebutuhan bahan bakarnya. Motor ini memiliki 4 selinder SOHC berkapasitas 1100cc. Teknologi eSP yang dimiliki oleh Genio juga membuatnya semakin irit, responsif, serta lebih bertenaga.

Maksimal mencapai 6.6 kW atau setara 9 PS yang diraih di putaran mesin 7.500 rpm. Torsi puncaknya sebesar 9.3 Nm di putaran 5.500 rpm. Ada juga sistem pembakaran PGM-FI yang membuat mesin semakin efisien serta ramah lingkungan.

Fitur Andalan

Perbedaan jenis Genio CBS dengan CBS-ISS terletak pada fitur tambahan. Pada CBS-ISS terdapat fitur Idling Stop System yang membuat bahan bakar lebih irit. Hal ini karena mematikan mesin secara otomatis berhenti beberapa detik.

Menghidupkan mesin kembali cukup dengan menarik tuas gas. Dilengkapi dengan ACG Starter yang membuat suara halus saat dihidupkan. Tersedia juga fitur Secure Key Shutter dengan Seat Opener. Ada juga kompartemen dengan ukuran cukup besar. Membuat penggunanya menampung botol minum serta menyimpan barang-barang bawaan.

Kaki-kaki dan Suspensi

Honda matic Genio menjadi semakin stabil ketika berakselerasi karena penggunaan eSAF. Motor ini juga dilengkapi dengan teknologi Combi Brake System (CBS) untuk menstabilkan pengereman roda depan dan juga belakang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here