Mobil Listrik Segera Dikembangkan Nissan di Thailand

0
307
Ceritapa.com, Mobil Listrik diproduksi di Thailand
Mobil listrik segera diproduksi

Ceritapa.com, Teknologi mobil listrik agaknya menyita perhatian publik. Terlebih mengingat stok persedian minyak bumi yang kian hari kian sedikit. Akan tetapi, Asia Tenggara barangkali bukan merupakan pasar yang tepat bagi teknologi mobil listrik itu sendiri. Setidaknya sejauh ini.

Namun, beberapa negara Asia Tenggara sudah dikenal sebagai tempat produksi dari beberapa model kendaraan, termasuk kendaraan mobil listrik itu sendiri.

Yang terkini perusahaan asal Jepang, Nissan berencana membangun pabrik besar di Asia Tenggara. Tepatnya di Thailand. Pabrik ini nantinya direncanakan menjadi basis produksi mobil listrik dengan tujuan beberapa negara Asia Tenggara dan ekspor ke luar Asia Tenggara.

Yutaka Sanada, pimpinan dari Nissan untuk negara Asia dan Oceania mengatakan bahwa Thialand menjadi salah satu calon utama untuk menjadi pangkalan fasilitas mobil listrik keluaran Nissan.

Nissan dengan produk pionirnya Leaf mempertimbangkan Thailand menjadi basis pangkalan produksi mobil listrik karena beberapa alasan. Utamanya adalah industry manufaktur di Thailand, tepatnya di provinsi Samut Prakan yang sudah berkembang pesat.

Dilansir dari media Paultan yang mengutip Bangkok Post pada Selasa 9 Januari 2018, pabrik di provinsi Samut Prakan akan menjadi basis produksi mobil listrik Nissan di Thailand. Pabrik itu diproyeksi dapat menampung kapasitas produksi sebanyak 370.000 unit per tahunnya.

Selain itu, Nissan juga punya tim R&D dan proving ground yang jadi bagian dari pabrik di provinsi tersebut. Fasilitas pabrik itu umum disebut dengan Nissan Technical Center South East Asia, yang merupakan fasilitas ketiga serupa yang ada di luar Jepang dan satu-satunya di Asia Tenggara.

“Kami sudah melihatnya secara keseluruhan, kendaraan elektrik belum jadi sorotan mencolok di ASEAN, tapi kami sangat percaya popularitas EV akan berakselerasi begitu orang mulai menyadari efisiensinya. Di kawasan ini teknologi e-Power bisa menarik konsumen karena lebih terjangkau ketimbang Nissan Leaf,” ujar Yutaka Sanada.

Jika pabrik mobil listrik di Thailand yang menjadi pabrik mobil listrik pertama di negara Asia Tenggara berhasil mendongkrak popularitas mobil listrik, Sanada mengatakan tidak menutup kemungkinan pabrik kendaraan listrik itu akan muncul di negara Asia Tenggara lainnya, termasuk di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here