Mobil Esemka Karya Tanah Air Segera Meluncur ke Aspal

0
238
Mobil Esemka
Mobil Esemka telah Lolos Beberapa Tahap Uji

ceritaapa.com, Mobil esemka mobil karya tanah air kini siap di produksi.  Kementerian Perhubungan telah memberikan lampu hijau dan akan mengeluarkan Sertifikat Uji Tipe.

Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Kementerian Perhubungan melakukan beragam pengujian kepada mobil tersebut.

“Saat ini sedang dalam tahap uji. Ada uji dimensi, uji kontruksi, uji rem, uji klakson, uji berat, uji side slip, uji emisi CO dan HC idle dan pemenuhan persyaratan teknis,” kata Kepala BPLJ-SKB Kemenhub, Caroline Noorida.

Mobil esemka ada delapan jenis antara lain Bima 1.0, Bima 1.3, Bima 1.3 L, Bima 1.8 D, Niaga 1.0, Digdaya 2.0, Borneo 2.7 D dan Garuda 2.0.

Mobil ini pun dibuat ketika Jokowi masih menjadi Walikota Solo. Saat ini mobil sudah melalui  uji tipe kendaraan atau Vehicle Type Approval (VTA) di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Kementerian Perhubungan.

Mobil ini telah teruji di BPLI-SKB dengan waktu pengujiannya berbeda-beda.

“Kami sudah meloloskan uji tipe pada lima mobil awal tahun 2016 lalu, untuk tiga lagi mohon di tunggu dan di update saja” ungkap Caroline.

Untutk SUT sendiri akan segera diluncurkan. Kapan di produksi secara massal tergantung dari pabrik produksinya.

Mobil SUV Esemka Garuda 1 tertangkap kamera sedang berada di truk towing di jalanan ibu Kota dan hal ini dikait-kaitkan dengan Foday Landfort.

Produsen mobil esemka adalah kolaborasi dari PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL) dan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), sebutan kolaborasi tersebut disingkat menjadi PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH).

ACEH sendiri belum mengkonfirmasi kabar tersebut. Namun secara design mobil esemka tersebut mirip dengan Foday Landfort yang telah beredar di pasaran Thiongkok 4 November 2014 lalu.

Mobil asal Thiongkok tersebut mampu menampung 7 penumpang dengan layanan radio/ CD Player/ MP3, USB, GPS. Memiliki dimensi panjang 4.771 mm, lebar 1.870 mm dan tinggi 1.828 mm. Sementara 2.790 mm dan 217 mm untuk wheelbase dan ground clearance-nya masing-masing.

Untuk tanggal pasti produksinya belum bisa di pastikan. Mobil esemka ini menambah sederet prestasi Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here