Manfaat Wakaf Untuk Semua Orang

0
64
manfaat wakaf
manfaat wakaf

Ceritaapa.com, Wakaf adalah amalan sunnah yang berarti bila dikerjakan mendapat pahala dan yang tidak mengerjakan tidak apa-apa. Namun, wakaf dianjurkan dalam agama islam karena manfaat yang didapat oleh orang yang berwakaf dan yang menerima wakaf itu sendiri. Manfaat wakaf pun sangat banyak.

Sebagaimana mestinya wakaf memiliki tujuan memberikan sebagian atau seluruh dari harta benda kepada golongan tententu atau seorang ahli yang sudah ditunjuk yang nantinya akan digunakan untuk kepentingan masyarakat secara luas atau kepentingan umum.

Manfaat yang bisa didapatkan dari wakaf yaitu, Meningkatkan jiwa sosial. Dari bersedak menjadi berwakaf. Manfaatnya tentu menjadi salah satu sarana untuk melatih jiwa sosial sehingga barang siapa yang memiliki harta benda yang lebih atau berlebih dapat memberikannya kepada kaum yang membutuhkan. Harta atau benda yang diberikan juga beragam, bisa berbentuk uang, tanah, bangunan, atau bahkan kendaraan. Tanpa disadari, orang yang membagikan hartanya pada orang lain pasti akan timbul rasa senang dan bahagia ketika melihat pemberiannya bisa bermanfaat untuk banyak orang. Bersamaan dengan perasaan inilah membuat seseorang akan merasa ingin terus berbuat baik dan lebih pekak terhadap kondisi sosial yang ada di sekitarnya.

Hal utama dari menjalankan wakaf tentunya sebagai bentuk ibadah ummat muslim. Besedekah dan berwakaf termasuk dalam ibadah. Artinya wakif selain membantu orang juga mencari keberkahan dari Allah SWT dan mendapatkan pahala yang tidak akan pernah putus. Ketika si pemberi wakaf meninggal pahalanya insya Allah akan selalu mengalir selama harta yang diwakafkan bisa terus memberikan manfaat. Misalnya saja, seseorang mewakafkan rumahnya untuk kebutuhan sekolah, maka selama anak-anak yang menuntut ilmu di sekolah yang berada di bangunan tersebut maka pahalanya akan terus mengalir kepada si wakif atau orang yang mewakafkan bangunan itu. Begitu juga bangunan yang di wakafkan ditujukan untuk beribadah atau dijadikan masjid. Selama bangunan itu masih digunakan untuk beribadah maka pahalanya akan terus mengalir kepada si wakif.

Kegiatan wakaf juga bermanfaat untuk membantu orang-orang yang tengah mengalami kesulitan, bisa orang yang tengah mengalami kesulitan ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya. Misalkan, manfaat tanah yang diberikan kepada seseorang yang tengah kesulitan, tidak mempunyai lahan tempat tinggal dan tidak memiliki pekerjaan. Wakif dapat mewakafkan tanahnya kepada orang tersebut untuk dimanfaatkan sebagai tempat tinggal dan lahan pertanian atau peternakan, yang nantinya hasil yang didapat dari peternakan atau pertanian itu bisa dimanfaatkan oleh orang yang mengalami kesulitan tersebut.

Selain memberikan manfaat berupa materi dan pahala bagi pemberi wakaf, jika dijalankan hal ini bisa mencegah terjadinya perselisihan dalam masyarakat. Hal ini karena adanya masalah kesenjangan sosial yang kerap kali membuat masyarakat satu dengan yang lainnya muncul rasa iri atau ingin memiliki harta yang sama. Maka, kegiatan wakaf ini menjadikan masyarakat menjadi rukun antara orang yang berkecukupan dan yang miskin terjalin dengan baik dan seimbang. Saling membantu satu sama lain.

Wakaf pun juga membuat tali persaudaraan antar manusia menjadi lebih erat. Biasanya hubungan masyarakat seringkali adanya kesenjangan terutama dari sisi ekonominya. Ketika si orang kaya memberikan wakaf untuk digunakan secara umum maka orang yang kekurangan pun bisa ikut merasakannya juga. Contohnya saja, seseroang mewakafkan tanahnya untuk dibangun sekolah gratis untuk anak-anak yang kurang mampu.

Adanya wakaf juga ikut mendorong pembangunan di semua bidang ilmu. Wakaf telah meningkatkan pembangunan di segala bidang yang sesuai dengan tujuan pemakaian wakaf yaitu untuk kemaslahatan orang banyak. Dana wakaf banyak dimanfaatkan untuk mendirikan asrama atau sarana pendidikan, seperti sekolah, madrasah, dan lain sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here