Kopi hingga Lemon Jadi Alat Jitu Menghilangkan Bau Kulkas, Ini Caranya

0
28
Menghilangkan bau kulkas
Ada sejumlah cara untuk menghilangkan bau kulkas yang kurang sedap.

Ceritapa.com, Kulkas menjadi salah satu elektronik rumah tangga yang digunakan untuk menyimpan segala jenis bahan makanan, mulai dari sayuran, buah-buahan, hingga daging yang sering kali menimbulkan bau. Selain itu, makanan matang pun kerap kali dimasukan ke dalam kulkas agar tidak basi. Kerap kali pemilik kulkas sulit menghilangkan bau kulkas.

Banyaknya jenis makanan yang diletakan di dalam kulkas kerap kali minumbulkan bau yang tidak sedap akibat tercampurnya aroma-aroma dari daging makanan dan sebagainya. Baru membuka pintu kulkasnya saja baunya langsung menyengat. Ih!

Selain bau yang menyengat dan busuk, kesehatan serta kehigienisan makanan pun menjadi tak terjaga lagi. Makanan yang telah terkontaminasi dengan bau busuk akibat makanan yang terlalu lama disimpan sangat berbahaya bagi kesehatan. Tentu perlu adanya upaya untuk menjaga kebersihan dan mengetahui cara menghilangkan bau kulkas.

Berikut beberapa cara untuk menghilangkan bau kulkas:

Lemon

Buah lemon telah lama dipercaya masyarakat untuk menghilangkan bau seperti bau pada perabotan makan hingga kulkas. Hal ini karena buah lemon ini memiliki aroma yang segar.

Cara menghilangkan bau kulkas dengan lemon ini yaitu menggunakan air lemon. Caranya yaitu dengan memasukan air perasan lemon ke dalam wadah baskom atau mangkok, kemudian masukan ke dalam freezer.

Setelah itu tutup kulkas dan diamkan selama 30-40 menit. Aroma segar yang berasal dari air perasan jeruk lemon pun akan menyebar ke seluruh bagian kulkas, akan tetapi ini berlaku untuk kulkas satu pintu.

Untuk kulkas dua pintu dan lebih, Anda bisa menaruh air perasan lemon pada freezer dan setiap ruang dalam kulkas agar aroma segar dari lemon bisa menghilangkan bau pada kulkas.

Soda Kue

Selain menjadi bahan campuran dalam membuat kue, baking soda atau soda kue ini memiliki fungsi lainnya lho, salah satunya adalah menghilangkan aroma tidak sedap dalam kulkas.

Cara mengaplikasikan soda kue sebagai penghilang bau pada kulkas yaitu dengan menaruh soda kue di sebuah wadah, bisa menggunakan mangkok kecil atau baskom kecil. Kemudian letakan soda kue tersebut di dalam kulkas, dan pastikan menutup kulkas dengan benar. Setelah itu, bila didiamkan dalam waktu yang lama, bau dalam kulkas akan berangsur-angsur menghilang.

Bubuk Kopi

Kopi bisa untuk menghilangkan bau kulkas.

Kopi bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk menghilangkan bau tidak sedap pada lemari, bahkan kulkas. Cara menghilangkan bau tak sedap pada kulkas yaitu dengan cara meletakan bubuk kopi yang sudah dipindahkan ke piring, lalu masukan ke dalam kulkas. Bau kopi ini dapat meminimalisir bau amis dan tak sedap lainnya di dalam kulkas.

Arang

Selain itu arang rupanya bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap pada kulkas lho. Caranya pun mudah, yaitu cukup dengan menempatkan sejumlah arang dalam mangkuk, setelah itu tempatkan mangkuk berisi arang tersebut ke dalam lemari es.

Kemudian, atur suhu lemari es ke suhu yang paling minimum dan tutup pintu kulkas dengan rapat selama tiga hari. Setelah tiga hari, aroma tak sedap dalam kulkas akan menghilang.

Bersihkan Kulkas Secara Berkala

Selain dengan menempatkan sejumlah  benda untuk menghilangkan aroma tak sedap pada kulkas, kita pun dapat melakukan hal sederhana ini lho. Caranya adalah dengan membersihkan serta merapikan isi kulkas secara berkala, sebaik-baiknya minimal 1 kali dalam kurun waktu 2 minggu.

Satt membersihkan kulkas, semua makanan yang berada di dalamnya sebaiknya dikeluarkan terlebih dahulu, hal ini juga membantu Anda untuk mengorganisir isi kulkas seperti mengetahui mana yang masih layak untuk di simpan dan mana yang tidak. Setelah mengeluarkan isi kulkas, Anda bisa membersihkan setiap sisi kulkas dengan lap bersih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here