Inilah Rekomendasi Pilihan Motor Listrik di Indonesia

0
23
motor listrik
Inilah Rekomendasi Pilihan Motor Listrik di Indonesia

ceritapa.com, Motor listrik merupakan inovasi transportasi masih kini yang cocok digunakan untuk masa mendatang. Produk tersebut difokuskan menjadi transportasi masa depan dikarenakan tidak adanya penggunaan bahan bakar yang menyebabkan polusi udara.

Indonesia pun juga menjadi salah satu negara yang ikut mencanangkan program penggunaan kendaraan listrik itu yang kini mulai menunjukan eksistensinya di pasar otomotif Indonesia. Banyaknya merek-merek yang bermunculan menandakan kendaraan tersebut akan menggantikan motor konvensional di masa depan.

Meskipun sarana infrastruktur pendukungnya belum memadai, namun tidak membuat para produsen sepeda motor listrik menyerah untuk terus menghadirkannya. Bahkan, beragam sepeda motor listrik hadir dengan spesifikasi dan fitur yang baik.

Berikut ini beberapa produk motor listrik yang sudah bisa diperoleh di Indonesia

1. Viar Q1

Viar Q1 adalah salah satu produk yang dianggap paling terjangkau di Indonesia yang hadir di GIIAS 2019. Harganya yang berada di angka Rp16 juta sampai Rp18 juta, dengan kecepatan maksimal 60 km/jam dan jarak tempuh baterai mencapai 70 km. Dibekali dengan kualita baterai yang lebih baik, Viar Q1 terbaru memiliki dua buah baterai Lithium Ion dengan kapasitas masing-masing sebesar 60V 23Ah. Dua baterai tersebut diklaim mampu bertahan hingga jarak tempuh 120 km atau dua kali lipat dari Viar Q1 model pertama.

Pengisian daya baterainya tersedia dengan dua pilihan yaitu swapping baterai dan pengisian ulang biasa. Motor ini membutuhkan waktu lima jam untuk mengisi baterai. Jika baterai habis tiba-tiba di saat berkendara, motor ini juga menyediakan baterai cadangan yang berada di bagasi. Viar Q1 menggunakan tipe BLDC dari BOSCH yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 800 watt.

2. Gesits

Gesits merupaka singkatan dari Garansindo Electric Scooter ITS. Hal itu karena produk motor tersebut merupakan proyek kolaborasi antara Garasindo dengan Institut Sepuluh Nopember (ITS). Motor tersebut diproduksi pada tahun 2018 dan sudah melewati proses pengembangan sejak tahun 2015. Kemudian, pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, gesits resmi diluncurkan.

Ini merupakan saingan utama dari Viar Q1, karena kemampuannya yang lebih baik. Gesits memiliki kecepatan 100km/jam dengan daya tahan baterai 100km. Dengan kualitas yang lebih hebat, tak heran jika harga yang ditawarkan juga lebih mahal, yaitu sekitar Rp25 juta. Desainnya Gesits terlihat serupa dengan Honda Vario 125.

Pada bagian depannya, terlihat desain meruncing dengan lampu utama HID Projection berteknologi LED yang dibentuk sipit serta Day Running Light (DRL) pada sisi kiri dan kanannya. Untuk kualitas baterai yang digunakan adalah baterai Lithium Ion NMC (nickel-manganese-cobalt) yang memiliki spesifikasi 72V 20 A.

3. Selis

Selis terkenal dengan sepeda listrik yang digunakan dilingkungan rumah. Kini Selis mengeluarkan produk motor bertenaga listrik salah satunya Selis E-Max. Motor ini diperuntukan digunakan dengan jarak yang tidak jauh. Jarak tempuh maksimalnya hanya 40 km dengan kecepatan tertinggi 50 km/jam. Motor penggeraknya sendiri memiliki kemampuan sebesar 1.200 watt. Selis E-Max ini dibekali baterai dengan spesifikasi 60 volt 20 ampere. Untuk pengisian daya baterainya membutuhkan waktu sekitar 4-6 jam. Motor ini dibanderol dengan harga Rp20 juta.

4. Honda PCX Electric

Honda PCX Electric merupakan produksi dari PT Honda Astra Motor (AHM) yang telah dibekali 2 baterai lithium-ion dengan masing-masing kapasitas 50,4V. Baterai tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 4,2 kW pada 5.500 Rpm dengan daya tempuh 69 km serta memiliki kecepatan rata-rata 40 km/jam dengan kondisi baterai penuh.

Sistem pengisian baterai Honda PCX Electric ini dapat dilakukan dengan dua cara, yang pertama yaitu colok ke stop kontak dengan waktu pengisian 6 jam (dari kosong hingga penuh) dan swap system. Desainnya sendiri terlihat sama dengan PCX standar pada umumnya. Namun, pada bagian belakang memiliki tampilan yang sedikit berbeda. Terdapat aksen biru di beberapa area bodi. Selain itu, lampu utama, sein, daytime running light, dan stop lamp-nya pun sudah menggunakan teknologi LED.

5. EC-GO2

Motor bermuatan listrik yang satu ini merupakan kendaraan yang dikeluarkan oleh PT Green City Traffic (GCT). EC-GO2 diklaim memiliki kecepatan rata-rata hingga 70 km/jam. Selain itu, baterainya sendiri bisa menempuh jarak terjauh hingga 80 km dalam sekali isi. Keunggulan lain yang dimiliki, motor ini dapat melewati genangan air setinggi 30 cm.

PT GCT telah memberikan fitur-fitur terkini pada motor listriknya seperti GPS dan aplikasi pada smartphone yang dapat memonitor informasi sepeda motor tentang baterai, suhu kendaraan, lokasi GPS, kecepatan, serta data lokasi pengisian baterai di luar yang sudah terkoneksi dengan BMS (Battery Management System).

6. Zero Motorcycle

Motor yang satu ini memang bukan produk asli Indonesia, akan tetapi sudah bisa diperoleh di Indonesia. Motor listrik garapan Amerika ini dijual oleh Garansindo Group dan memiliki banyak varian. Zero Motorcycle ini memiliki kecepatan yang mampu mencapai 160 km/jam dengan jarak tempuh 190 km. Dengan kualitas dan kemampuan jauh menyaingi produk-produk Indonesia, motor ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Bisa dikatakan, inilah motor listrik yang paling mahal karena mencapai harga Rp300 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here