Ini Spesifikasi Toyota Avanza Seri Terbaru Facelift

0
121
Toyota Avanza facelift (istimewa)
Toyota Avanza facelift (istimewa)

ceritapa.com – Toyota Astra Motor akan merilis mobil ‘sejuta umat’ pada 15 Januari mendatang. Perilisan mobil ini tentu bersamaan dengan kembarannya yaitu Daihatsu Xenia. Banyak masyarakat yang sudah menunggu perilisan kedua mobil ini.

Kunci penjualan Toyota ini hadir dengan beberapa perubahan baru. Diantaranya eksterior, interior, mesin, dan sistem keselamatan.

Eksterior

Mobil ini hampir serupa dengan bentuk avanza seri-seri sebelumnya. Hanya saja eksterior mobil ini ada perubahan. Grille depannya berubah menjadi lebih besar dari sebelumnya. Namun bagian belakangnya sama dengan seri sebelumnya. Hanya saja tata letak lampunya yang berubah. Ditambah dengan garnish lampu di pintu garasi yang menjadi pemanis mobil ini.

Interior

Head unit layar sentuh 6 inci yang bisa mirroring dengan smartphone, serta kamera parkir. Sudah ada juga fitur pengaturan AC digital serta start/stop engine button.

Hadirnya start/stop engine button membuat mobil mengusung keyless. Dimana mobil ini tidak lagi menggunakan kunci. Untuk menghidupkan dan mematikan mesin, sang pemilik hanya tinggal menggunakan remote.

Mesin

Untuk dapur pacu seri mobil ini juga mengalami bebrapa perubahan. Mesin 1.3 dan 1.5 liter, sudah memiliki konfigurasi 4-silinder. Sistem waktu pembakaran dual VVT-i yang lebih efektif. Mobil ini juga dilengkapi dengan dua noken as DOHC. Sudah memiliki 16 katup untuk proses pembakaran (valve).

Mesin 1.3 liter memiliki tenaga hingga 96,5 ps pada 6.000 rpm. Torsi maksimumnya 120,6 Nm pada 4.200 Nm. Sedangkan untuk mesin 1.5 liter akan menghasilkan 104 ps pada 6.000 rpm. Torsi maksimumnya 136,3 Nm di putaran 4.200 rpm. Namun untuk sistem transmisi belum ada perubahan.

Sistem Keselamatan

Pada seri pertamanya, mobil ini belum dilengkapi fitur keselamatan yang mumpuni. Namun semakin ketatnya persaingan industri mobil. Avanza mulai berubah untuk menutupi kekurangnnya tersebut.

saat ini, mobil ‘sejuta umat’ ini sudah memiliki fitur yang lebih baik. Adanya pengingat seat belt untuk penumpang depan. Sistem pengereman yang sudah menggunakan fitur ABS. bahkan, sudah disediakan seat belt untuk penumpang yang duduk di tengah. Dudukan ISOFIX untuk kursi anak-anak juga sudah tersedia di mobil ini.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here