Indonesia Sekarang Bisa Miliki Mobil Listrik yang Dibuat Di Indonesia

0
217
mobil listrik
mobil listrik

ceritapa.com, Suzuki akan punya varian Mobil Listrik terbaru dalam bentuk city car, yang merupakan hasil kerja sama dengan Toyota, yakni Wagon R listrik. Mobil ini lebih dikenal dengan jenis nama Suzuki Karimun (LCGC) di Indonesia. Namun, PT Suzuki Indomobil Sales, memilih untuk tidak memberi komentar mengenai hal ini. Sebab ada pertanyaan mengenai benar apa tidaknya Suzuki Wagon R yang bakal berbekal listrik ini memiliki platform dari Indonesia.

Suzuki merupakan salah satu produsen mobil besar asal Jepang yang mendukung era kendaraan yang menggunakan tenanga listrik. Beberapa waktu lalu Suzuki, bahkan berkolaborasi bersama Toyota dalam memproduksi mobil bertenaga listrik. Saat ini, Suzuki Wagon R (di Indonesia dikenal dengan nama Karimun) menggunakan energi listrik tengah disiapkan.

Mobil yang tengah dipersiapkan itu akan ikut meramaikan ajang MOVIE Summit di New Delhi, India, sebagai kendaraan prototipe. Suzuki Wagon R EV didukung oleh baterai berkapasitas 10-24 kWH.

Secara keseluruhan tampangnya tidak ada perbedaan sigifikan dengan model standar. Model yang telah mulai dijual di Jepang pada tahun 2017. Tapi jika diperhatikan dengan seksama, lampu utama dan grill berlogo ‘S’ di tengah mengalami perubahan. Sisi sampingnya terlihat seperti mobil keluarga premium dari Toyota yaitu Alphard. Akan tetapi mekanisme pintu Suzuki Wagon R EV masih berjenis konvensional.

Warih Andang Tjahjono, selaku Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menjelaskan bahwa pihaknya juga berharap untuk model baru. Model baru yang akan diproduksi secara lokal dan diekspor selanjutnya, adalah Mobil Listrik.

Industri otomotif di Indonesia tengah menyambut era mobil ramah lingkungan. Meskipun, hingga kini regulasi terkait mobil listrik, hybridplug-in hybrid, dan energi terbarukan masih digodok pemerintah, melalui Kementerian Perindustrian. Jika peraturan mobil emisi rendah ini sudah rampung, dapat dipastikan mobil bertenaga listrik bisa berkembang di dalam negeri. Begitu juga dengan energy terbarukan lainnya.

Sebelumnya, Presiden RI, Joko Widodo, sempat membahas investasi besar Toyota, diharapkan dapat digunakan untuk produksi mobil listrik di Indonesia. Mengenai road map menuju mobil listrik memang tengah disiapkan Kemenperin, dan akan segera disahkan, agar mobil listrik segera jalan, Tambahnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here