Honda Brio Buatan Karawang Melenggang ke Luar Negeri

0
50
Honda Brio
Honda Brio (istimewa)

Ceritapa.com – PT Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya mengerjakan debut ekspor kembali sesudah Honda Freed pada 2011 – 2014 lalu. Kali ini, mobil yang dikirim ke luar negeri ialah Honda Brio rakitan Karawang, Jawa Barat.

Pada sesi kesatu, Honda bakal mengapalkan Brio generasi kedua ke Vietnam dan Filipina dengan kisaran nilai ekspor menjangkau sekitar Rp 1 triliun. Menariknya, TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) mobil itu telah menjangkau 89 %.

Mengacu urusan itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartato memuji keterampilan warga Indonesia dalam dunia otomotif yang mampu berlomba di luar negeri.

“Ekspor perdana All New Brio akan dilaksanakan ke negara Vietnam dan Filipina. Adapun nilai ekspor tersebut tidak cukup lebih Rp 1 triliun dengan TKDN menjangkau 89%. Ini unik sebab mobil rakitan Indonesia dapat dinikmati dan digemari mancanegara. Bukan melulu di pasar nasional,” ujar Airlangga di perhelatan ekspor perdana Honda Brio di Karawang, Jawa Barat, Selasa (26/3).

“Ini pun menjadi capaian yang membanggakan untuk industri otomotif nasional maupun anda semua sebab produk Indonesia dapat diterima dengan baik di negara tujuan,” ungkapnya.

Honda Brio tadinya terlahir menanggapi program mobil murah emisi rendah (Low Cost Green Car/LCGC) yang diterapkan pada 2013 lalu. HPM mengenalkan Brio Satya cocok dengan pertumbuhan pasar dan permintaan penduduk Indonesia.

Seiring perkembangan, lahirlah Brio RS yang menjadi ‘kakak’ kandung Brio Satya dengan tampilan lebih mewah dan sporti. Menanggapinya, respon pasar langsung positif tak terkecuali pencinta Honda di Vietnam dan Filipina.

Kini mobil tumpuan Honda Indonesia itu akan dikapalkan ke dua negara itu. Harapannya, bisa diterima dengan baik dan bisa memperluas pangsa pasar Honda Brio.

“Indonesia mempunyai potensi dan ekspektasi besar untuk pasar global. Sehingga lahirlah Brio, Mobilio, dan BR-V. Berbicara mengenai Brio, kami tidak sedikit sekali menerima permintaan mobil ini dari konsumen di Vietnam dan Filipina. Kami menciptakan Brio setir kiri guna mereka yang sebentar lagi akan anda kirim (secara utuh atau CBU),” ucap Takehiro Watanabe selaku President Director PT HPM pada sambutannya di peluang tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here