Eks Pembalap MotoGP Marco Melandri Komentari Marquez hingga Rossi

0
4
MotoGP
Eks Pembalap MotoGP Marco Melandri Komentari Marquez hingga Rossi

Ceritapa.com, Mantan Pembalap MotoGP, Marco Melandri memberikan tanggapannya mengenai Marc Marquez yang tak akan mampu kembali pada performa sebelumnya saat kembali balapan. Marc Marquez memang gagal mempertahankan gelar juara dunia pada MotoGP musim ini. Itu karena cedera patah lengan kanan yang dialaminya pada balapan pembuka di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Akibat insiden tersebut, Marquez terpaksa harus beristirahat hingga akhir musim. Juara dunia MotoGP 2020 pun akhirnya diraih oleh pembalap Suzuki, Joan Mir. Sementara tim Honda yang pada musim 2019 tampil dominan berbalik 180 derajat usai kehilangan Marquez. Guna memulihkan kondisi fisiknya Marquez harus menjalani serangkaian perawatan yang memakan waktu cukup lama.

Rider asal Spanyol tersebut diprediksi masih harus absen sampai enam bulan ke depan usai menjalankan operasi ketiganya pada Kamis (3/12/2020) lalu. Jika masa pemulihan tersebut berjalan baik, Marquez kemungkinan besar baru bisa kembali memacu motor Honda RC213V-nya pada pertengahan musim kompetisi MotoGP 2021.

Marco Melandri yang juga pernah berkompetisi di kelas premier menyampaikan bahwa kondisi Marquez akan membuat kesulitan kembali ke performa terbaiknya. Tanggapan itu didukung dengan alasan yang cukup bisa diterima, dimana Marquez memang harus kembali beradaptasi lagi karena musim sebelumnya dia tidak menjalani balapan nyaris selama satu musim.

Namun Melandri masih mengakui bahwa Marc Marquez memiliki tekad yang selalu ingin tampil kompetitif terutama saat dia kembali nanti, meski hal itu sulit dilakukan.

“Itu sangat sulit, di satu sisi dia mempunyai keinginan, tekad untuk melakukannya bahkan dari sebelumnya. Di sisi lain saya akan mengatakan kepada Anda bahwa itu sangat sulit dilakukan, kami perlu melakukannya beberapa kali untuk kembali tampil kompetitif,” ujar Melandri.

Tak hanya Marquez, Marco Melandri juga mengomentari Valentino Rossi. Melandri menilai Valentino Rossi telah membuat keputusan salah dengan tetap membalap pada MotoGP 2021. Diketahui pada mumis depan Rossi akan kembali berlaga dengan Petronas Yamaha SRT. Sehingga ia akan bertandem dengan muridnya, Franco Morbidelli, yang menjadi runner-up dunia pada MotoGP 2020.

Lebih lanjut, Marco Melandri menegaskan bahwa Valentino Rossi sudah harus sadar jika dirinya tidak akan lagi menjadi pusat perhatian tim Yamaha seperti sebelumnya.”Perubahan bisa membuatnya baik, tetapi dia akan menemukan situasi ini dalam diri pembalap normal. Dia tak lagi memiliki senjata di sisi genggamannya,” kata Melandri.

“Mereka sudah mempertaruhkannya dalam berbagai aspek yang biasa dia kelola, jadi jika semuanya berjalan dengan baik akan bagus. Namun, jika terjadi kesalahan akan sangat sulit, dia akan menemukan dirinya bentrok dengan kenyataan yang tidak dia ketahui dan tidak biasa dia lakukan,” ucap Melandri

Meskipun begitu, Keberanian Valentino Rossi untuk tetap ikut pada MotoGP 2021 ini tentu keberanian yang cukup disoroti. Mengingat tahun depan ia telah berusia 42 tahun. Kondisi tersebut kian mengukuhkan Valentino Rossi adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan begitu saja dari tim Yamaha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here