Dukungan Erdogan Terhadap Palestina dalam Pidato Sidang PBB

0
19
palestina
Dukungan Erdogan Terhadap Palestina dalam Pidato Sidang PBB

ceritapa.com, Kementerian Luar Negeri Palestina memberikan pujiannya kepada Presiden Turki Erdogan atas pidatonya pada siding PBB kemarin Rabu, 23 September 2020. Dalam siding tersebut, Erdogan menyampaikan kecamannya terhadap Israel.  Hal itu terkait kebijakan penindasan, kekerasan, dan intimidasi Israel terhadap Palestina.

“Tangan kotor itu yang menjangkau privasi Yerusalem, di mana tempat suci tiga agama besar hidup berdampingan, terus meningkatkan kekurangajarannya.” Ujar Erdogan.

Tidak hanya itu, Presiden Turki itu juga memuji rakyat Palestina yang dengan kuat telah menentang kebijakan penindasan, kekerasan, dan intimidasi Israel yang telah terjadi selama lebih dari setengah abad. Dengan tegas, Turki juga tidak akan mendukung rencana apapun yang tidak disetujui oleh rakyat Palestina.

“Negara-negara itu telah menyatakan niat mereka untuk membuka kedutaan besar di Yerusalem, yang melanggar resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa dan hukum internasional, hanya membuat konflik semakin rumit dengan tindakan mereka,” tutur Erdogan.

Erdogan menekankan bahwa konflik hanya dapat diselesaikan dengan pembentukan negara Palestina yang merdeka, berdaulat, dan bersebelahan berdasarkan perbatasan tahun 1967 dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya. “Mencari solusi selain ini adalah sia-sia, sepihak dan tidak adil,” kata Erdogan.

Duta Besar Israel untuk PBB Gilad Erdan pergi meninggalkan kursi dan aula siding Umum PBB saat Erdogan menyampaikan pidatonya. Turki, yang pernah menjadi sekutu kuat Muslim Israel, kini telah menjadi musuh geopolitik Israel di bawah Erdogan. Meskipun hubungan Israel dan Turki berada di titik rendah, Ankara terus mempertahankan hubungan terbuka dengan negara Yahudi tersebut, termasuk di bidang pariwisata dan perdagangan.

Dukungan terhadap Palestina tidak hanya datang dari Presiden Turki. Presiden Indonesia Joko Widodo juga mendukung kemerdekaan negara muslim itu. Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam rekaman pidato yang diputar pada Sidang Majelis Umum ke-75 Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) secara virtual. Dalam video tersebut Jokowi menyampaikan bahwa negara Konferensi Asia Afrika yang belum menikmati kemerdekaan hanyalah Palestina. Jokowi menegaskan sikap Indonesia yang terus bertekad menciptakan perdamaian dunia sesuai dengan amanah konstitusi. Selain itu, Indonesia juga akan terus memainkan peran sebagai bagian dari solusi. Komitmen ini terus dijalankan termasuk saat Indonesia duduk sebagai Dewan Keamanan PBB. Salah satunya mendukung Palestina mendapatkan kemerdekaannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here