Daihatsu dan Toyota Siap Lakukan kolaborasi di Proyek Baru

0
316
Daihatsu lakukan kolaborasi dengan Toyota
Setelah diakuisisi, Daihatsu akan lakukan kolaborasi dengan Toyota

ceritapa.com, Setelah 100 persen saham Daihatsu Motor Co (DMC) diakuisisi oleh Toyota Motor Corporation (TMC), dua raksasa otomotif yang sama-sama berasal dari Jepang ini sepakat membentuk proyek Emerging-market Compact Car Company (ECCC). Kolaborasi Toyota-Daihatsu nantinya akan kembali meluncurkan mobil kompak dengan harga yang terjangkau untuk pasar berkembang, serta menjadikan Indonesia sebagai basis produksinya.

Namun, setelah setahun proyek ini berjalan, memang belum ada informasi lebih lanjut tentang proyek besar ini.

General Manager Eksekutif dari PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto menjelaskan, pengembangan proyek kolaborasi ini memang sudah berjalan. Ia juga memastikan, nantinya akan ada peluncuran model mobil terbaru sebagai hasil kolaborasi tersebut.

“Kita menyiapkan mobil baru yang belum terpikirkan dan belum ada,” jelas Soerjo saat berbincang di Bintaro, Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu.

Soerjo melanjutkan, saat ini Toyota dan Daihatsu sedang melakukan pemetaan kembali untuk pasarnya. Setelah pemetaan ulang pasar, baru akan dilakukan pemetaan ulang untuk produknya.

“Kalau semua orang bicara produk yang sudah ada, maka Toyota dan Daihatsu tidak, dan sedang meng-create market,” tegasnya saat ditanya alasan dilakukannya pemetaan ulang. Sementara itu, ia belum bisa membeberkan detail produk yang akan dilepas ke pasar nantinya.

“Pastinya akan bermain di segmen antara MPV dan SUV … Untuk kapannya juga tidak bisa bilang pasti tiga atau empat tahun, bisa juga 1 atau 2 tahun,” pungkas Soerjo.

Selanjutnya, Soerjo menjelaskan produk hasil kolaborasi ini bukan sekadar ganti emblem. “Kalau dulu kolaborasi ada (menghasilkan) produk, terus produk itu ada namanya emblem Toyota atau Daihatsu. Nah nanti ke depan apakah produk itu dibedakan secara model, ya bisa,” kata Soerjo, Senin, 30 Juli 2018.

Ia pun akhirnya mengungkapkan bahwa pengerjaan produk kolaborasi ini telah mencapai lebih dari 50 persen.

Nantinya, mobil baru akan hadir dengan konfigurasi kursi tiga baris, serupa dengan Avanza, Rush, dan Calya. Namun, pihak TAM memastikan, produk kolaborasi Toyota dan daihatsu ini berbeda dari Avanza-Xenia, Rush-Terios, Agya-Ayla, dan Calya-Sigra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here