Cara Memperbaiki Aki Kering Soak Sendiri dengan Mudah

0
49
Aki kering
Cara memperbaiki aki kering yang sudah soak

ceritapa.com, Kendaraan bermotor bisa menyala karena adanya aki. Secara umum, ada dua jenisnya, yaitu aki kering dan aki basah. Begitu penyebutannya di tengah masyarakat.

Kedua jenis aki ini juga menggunakan cairan elektroda (air aki). Bedanya, pada aki yang kering cairan yang digunakan lebih padat dan bentuknya gel. Selain itu, aki jenis ini biasanya tidak memerlukan perawatan (maintenance free). Sedangkan aki basah membutuhkan perawatan yang rutin.

Dari segi harga juga berbeda. Biasanya harga untuk aki basah lebih murah. Dengan merek dan tipe mobil yang sama, harga kedua jenis aku ini akan berbeda. Meski lebih mahal dari aki basah, bukan berarti yang mahal lebih baik. Sebab mana aki yang lebih baik bergantung pada selera dari pemilik mobilnya sendiri.

Bagi orang yang suka merawat kendaraannya akan lebih memilih aki basah. Ini karena aki basah lebih awet dengan catatan volume airnya selalu dijaga. Setidaknya dicek secara rutin dua bulan sekali.

Berbeda dengan pemilik mobil yang sibuk dan tidak sempat merawat kendaraan, ada baiknya menggunakan aki dengan jenis kering karena tidak butuh sering-sering perawatan. Hal ini karena aki jenis ini tidak butuh perawatan rutin. Namun, usia maksimal aki ini hanya sekitar 1.5 tahun atau 2 tahun harus diganti dengan yang baru.

Cara memperbaiki aki tipe kering

Langkah-langkah memperbaiki aki kering
Langkah-langkah memperbaiki aki kering yang sudah soak

Apabila aki kendaraan kamu yang berjenis kering sudah mulai soak, tentu saja kamu bisa memperbaikinya. Peralatan yang kamu butuhkan juga tidak susah ditemukan. Seperti obeng minus, pisau, obeng plus, selotip ukuran besar, serta air aki.

Cara memperbaikinya juga mudah, berikut langkah-langkahnya.

1. Langkah pertama adalah melepas aki dari tempatnya. Kemudian buka bagian penutup aki dengan pisau. Hati-hati agar tidak terjadi kecelakaan saat menggunakan benda tajam.

2. Pada bagian atas aki, gergaji bagian yang bertuliskan ‘Do Not Open’. Lakukan pagi semua bagian yang ada baik samping serta belakang penutup aki.

3. Lepaskan bagian penutupnya. Setelah aki terbuka, akan ada enam lubang yang selanjutnya bisa diisi dengan air aki yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

4. Jangan biarkan cairan accu menyentuh kulit karena bisa menyebabkan iritasi. Segera gosok dengan sabun jika terkena agar bisa berkurang.

5. Setelah semua lubang terisi semua, tutup lubang tersebut dengan penutup aki. Gunakan selotip agar lebih kuat.

6. Cobalah. Jika aki kering milikmu masih belum bekerja dnegan baik, maka bongkar kembali. Amati jika ada sel-sel aki yang rusak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here