Bos Toyota Sebut Mobil Listrik Merusak Pasar Otomotif

0
3
Berita Otomotif
Bos Toyota Sebut Mobil Listrik Merusak Pasar Otomotif

Ceritapa.com, Perusahaan otomotif sekelas Toyota tentu bukan nama yang kecil. Sudah banyak inovasi teknologi yang diberikan pada pasar untuk mempermudah mobilitas manusia. Akan tetapi baru-baru ini CEO Toyota, Akio Toyoda memberikan pernyataan yang justru berbanding terbalik dengan langkah Toyota dalam elektrifikasi sejauh ini.

Dikutip dari Wall Street Journal dalam sebuah konferensi pers, Toyoda memberikan pernyataan yang seakan terkesan meremehkan mobil listrik. Menurutnya mobil listrik dapat menghancurkan bisnis otomotif seketika. “Model bisnis industri mobil saat ini akan runtuh,” sebut Tayoda.

Pengembangan mobil bertenaga listrik akan bermuara pada keruntuhan bisnis lantaran membutuhkan investasi yang cukup besar. Selain itu, mobil listrik, menurut Tayoda sebenarnya menghasilkan karbon dioksida lebih besar daripada mobil bensin.

“Semakin banyak mobil listrik yang kita buat, semakin buruk karbon dioksida. Ketika politisi di luar sana berkata, ‘Mari kita singkirkan semua mobil yang menggunakan bensin,’ apakah mereka tahu dampaknya ini?”

Alasan Toyoda menyampaikan pernyataan kerasnya tersebut tampaknya merupakan sebuah respon terhadap pemerintah Jepang. Seperti diketahui Jepang akan melarang penjualan mobil dengan pembakaran internal pada tahun 2030 mendatang. Selain itu, sebagian besar listrik Jepang dihasilkan dari bahan bakar fosil seperti batu bara dan gas alam. Oleh karena itu konsep ‘kendaraan tanpa emisi’ jadi sia-sia.

Toyoda lebih lanjut juga memberika penjelasan kepada para audiens bahwa Jepang akan menghabiskan pasokan listriknya di musim panas jika semua mobil menggunakan tenaga listrik. Infrastruktur yang diperlukan untuk mendukung 100 persen mobil listrik akan merugikan negara itu antara $ 135 miliar dan $ 358 miliar.

Terlepas dari itu semua, Toyota adalah produsen mobil besar pertama yang meluncurkan mobil hybrid pada tahun 1997 dengan Prius. Sekarang Toyota sudah menawarkan berbagai macam hibrida dan PHEV. Pabrikan Jepang itu juga baru saja memperkenalkan baterai solid-state yang mampu mengisi daya lebih cepat dan jarak tempuh lebih jauh dari Tesla.

Selain mobil listrik Toyota juga sudah selangkah di depan dalam dunia otomotif. Yaitu dengan menghadirkan mobil hidrogen Toyota Mirai yang memasuki generasi kedua. Secara teknis ini adalah kendaraan listrik, tetapi mengandalkan teknologi powertrain sel bahan bakar hidrogen, bukan baterai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here